VISI

VISI :

Menjadi berkat bagi semua orang tanpa membedakan suku bangsa, ras dan agama.

Search

8.3.11

Majalah LANGLANGMITRA - Bandung


DIMERDEKAKEUN TINA DOSA

Ku : Wahyu Barmanto




PANGANTEUR

Sok sering katingal di sakuriling urang, laku lampah nu teu harade. Laku lampah teu hade the saperti:ngabohong,maling,nganyenyeri batur,maehan jalma,jeng rea-rea deui kajahatan liana.Sanaos geus aya hukuman anu diatur ku pamarentah dina undang-undang,naming kanyataanana eta hukum jeung undang-undang henteu kawasa ngeureunkeun kajahatan atanapi laku lampah nu te hade. Buktina unggal dinten kajahatan jalma wuwuh nambahan. Upami kitu mah rupina kedah aya jalan sanes pikeun ngurangan kajahatan atanapi lampah nu teu hade. Naon jalanna ? Ieu pedaran bade nyobi ngabahas ngeunaan jalan anu dimaksud.

DOSA NU JADI CUKANG LANTARANANA

Lampah nu teu harade atanapi kajahatan manusa the balukar tina dosa. Kecap dosa hartina sikep anu henteu ngamulyakeun Gusti Allah (irreligion). Kecap asalna nya eta asebeo,hartina henteu nyembah atanapi henteu muji ka Gusti Allah. Kakawasaan dosa bisa ngaburantakkeun kahirupan manusa. Sanaos lalaunan, tapi ‘virus dosa’ tanwande bisa ngaruksak manah jeung emutan manusa dugi ka ngahasilkeun laku lampah nu teu harade.

Urang sering ningali dina TV atanapi nguping dina radio boh maca dina suratkabar yen seuer watos ngeunaan jalma anu tega maehan baturna sorangan ku alatan anu teu pira. Maehan the dianggap sikep anu pantes dilampahkeun dina ngarengsekeun masalah atanapi pasualan. Ajen nyawa manusa anu sakitu luhungna geus henteu dipirosea,jalma kalah langkung hampang milampah kajahatan.

Seuer keneh laku lampah teu hade anu patali jeng dosa tea. Balukar tina dosa, manusa henteu tiasa deui ningali kana kasaean. Anu aya dina emutanana mung ngarancang jeung milampah kajahatan anu papalingpang sareng pangersa tur ajaran Dawuhan Gusti.

Dawuhan Gusti netelakeun kieu :Ku sabab maranehanana ngarasa teu perlu nyaho kana hal Allah, pipikiranana ku Allah diantep sina ruksak,nepi ka marigawe kalakuan anu kuduna dicegah. Hatena pinuh ku napsu-napsu jahat,doraka,sarakah,licik,pinuh kasirik,ku napsu haying maehan,ku napsu gelut,ku tipu daya,jeung ku napsu ngunek-ngunek, silih gorengkeun,silih omongkeun,ijid ka Allah,kurang ajar,adigung,gede omong;penter kana kagorengan,basangkal ka indung bapa;ka batur embung ngarti,lanca-linci kana jangji,ka batur taya karunya. (Rum1:28-31).

BALUKAR TINA DOSA

Balukar tina dosa the kalintang awonna kanggo kahirupan manusa. Alkitab netelakeun yen balukar tina tigebrusna manusa kana dosa nya eta pegatna hubungan antara manusa sareng Gusti. Sanes mung saukur kitu bae,dosa oge ngabalukarkeun manusa jadi mumusuhan jeung sasamana anu sarua ciciptan Gusti.

Pegatna hubungan manusa sareng Gusti ngawitan katingal nalika Gusti henteu kamanah ku sikep Hawa. Ahirna Adam jeng Hawa diusir tina Taman Eden. Hubungan manusa ditungtungan ku pipisahan.

Tuluy manusa the ku Gusti Allah diusir kaluar ti Taman Eden,sangkan ngusahakeun tanah nu jadi asal wiwitanana (Kajadian 3:23). Salajengna eta pipisahan katingal deui nalika Adam jeung Hawa ngawitan silih salahkeun kana sikep Adam anu ngarempag timbalan Gusti.

Malah mah kalayan teges Adam ngawaler:Walonna,”Sumuhun,dipaparin ti awewe paparin ti Anjeun tea” (Kajadian 2:12). Ieu ayat kalawan jentre netelakeun yen geus aya ‘mumusuhan’. Eta mumusuhan the henteu mung dugi ka dinya,Gusti Allah ku Manten nyapa ka sadaya cicipan-Na antukna jadi aya mumusuhan terus di antawis umat manusa. Dawuhan gusti, kieu ungelna:Maneh jeung eta awewe baris silih pikaceuceb. Bangsa manusa jeung bangsa oray baris mumusuhan sapapanjangna. Manusa baris ngaremukkeun hulu maneh, ari maneh mo weleh ngarah-ngarah rek macok keuneung manusa (Kajadian 3:15). Jelas pisan katingal yen balukar tina dosa teh pegatna hubungan manusa sareng Gusti Allah, ku kituna manusa jeung sasamana oge jadi mumusuhan.

Nyambung ka waktos sanes ….., marangga tingali iue blog tiap dinten !!


· Ti sabaraha sumber

(parantos dipedar dina Majalah Langlangmitra Edisi 01 Taun XXII – 2011)



Menghadirkan Kerajaan Allah Dalam Kehidupan Sehari – Hari
Oleh : Wahyu Barmanto

PENGANTAR
Ketika mendengar istilah kerajaan, gambaran apa yang bisa anda jelaskan ?
Kerajaan adalah sebuah wilayah yang membentang yang terdiri dari daratan dan lautan dimana di dalamnya terdapat sebuah kehidupan dengan sistem pemerintahan, tatanan, manajemen yang baku dan di pimpin oleh seorang raja. Tanpa mengurangi makna atau arti dari istilah ’Kerajaan’, dalam konteks peradaban seperti jaman sekarang, kerajaan dapat juga diartikan sebagai sebuah negara. Alasannya adalah di sebuah kerajaan atau negara memiliki sistem pemerintahan, tatanan, manajemen dan juga di pimpin oleh seseorang yang layak disebut sebagai seorang pemimpin tertinggi seperti Raja atau Kepala Pemerintahan misalnya Presiden.
Tulisan ini akan menguraiakan secara singkat tentang pengertian Kerajaan Allah dan Bagaimana Kerajaan Allah itu dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari.

PENGERTIAN ALKITABIAH TENTANG KERAJAAN ALLAH
Di dalam kekristenan kita mengenal istilah Kerajaan Allah. Secara harfiah pengertian dari Kerajaan Allah adalah sebuah wilayah dimana kehidupan di dalamnya terdapat sebuah sistem pemerintahan dan Allah sendiri yang berperan dan menjadi Raja. Kedatangan Yesus ke dunia adalah untuk memperkenalkan dan mendirikan Kerajaan Allah di muka bumi ini. Bahkan dalam misi-Nya Dia selalu mewartakan tentang ’Kerajaan Allah’. Misalnya ketika Yesus berkeliling di daerah Galilea, secara gamblang Dia memperkenalkan dan mewartakan ’Kerajaan Allah’ (lihat Matius 4 : 23).
Sebenarnya apa sih yang dikatakan oleh Alkitab tentang Kerajaan Allah ? Dalam Alkitab Perjanjian Baru sedikitnya di singgung sebanyak 79 kali tentang ”Kerajaan Allah”. Bila dikaitkan dengan kehidupan nyata seperti jaman sekarang ini pengertian yang tepat tentang Kerajaan Allah adalah sebuah komunitas kehidupan dimana kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus dinyatakan (Roma 14 : 17). Lebih jelasnya kehidupan yang dimaksud adalah sebuah komunitas atau bisa dikatakan sebuah keluarga di mana didalamnya terdapat suatu sistem pemerintahan Ilahi yang mana semua kebijakan, keputusan yang diambil atau apapun bentuknya berorientansi kepada kehendak Allah. Dengan perkataan lain Allah sebagai Raja yang akan memimpin atau memerintah, mengatur, menentukan berbagai kebijakan, membuat keputusan dengan tujuan untuk kemakmuran dan kesejahteraan warga Kerajaan-Nya.

SISTEM PEMERINTAHAN DALAM KERAJAAN ALLAH
Sistem pemerintahan adalah cara atau tatanan dalam memerintah. Sebuah kerajaan atau negara pasti memiliki suatu sistem yang akan digunakan untuk menjalankan roda pemerintahan. Kita ambil contoh negara Indonesia yang menganut sistem presidential. Dalam sistem ini, pemimpin tertinggi di pegang oleh seorang Presiden. Selain memiliki otoritas sebagai pemimpin tertinggi, seorang Presiden bertanggung jawab atas semua kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintahannya. Dalam Kerajaan Allah sistem yang dianut adalah Teosentris atau berpusat kepada Tuhan yaitu Yesus sebagai pemimpin tertinggi. Yesus memiliki kuasa untuk memimpin, mengatur, membuat keputusan dan menentukan kebijakan para warga Kerajaan-Nya. Artinya setiap kebijakan ataupun aturan yang ditetapkan harus berpusat kepada Tuhan karena Dia adalah pemimpin tertinggi dalam Kerajaan Allah.

WARGA KERAJAAN ALLAH
Adalah menjadi sebuah lelucon bila sebuah kerajaan akan tetapi tidak memiliki warga. Warga negara atau rakyat adalah bagian yang tidak terpisahkan dari tatanan hidup sebuah Kerajaan atau Negara. Artinya terbentuknya sebuah negara atau kerajaan harus memiliki warga. Kewarganegaraan Kerajaan Allah terbuka untuk siapa saja artinya semua orang memiliki kesempatan menjadi warga Kerajaan Allah. Adapun syarat untuk menjadi Warga Kerajaan Allah adalah :
Pertama: Hidup dalam pertobatan
kata-Nya: "Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!". (Markus 1 : 15)
Hidup dalam pertobatan adalah menjadi syarat utama menjadi Warga Kerajaan Allah. Pertobatan yang dimaksud adalah pertobatan secara total yang memiliki pengertian mau meninggalkan kehidupan lamanya yang penuh dengan dosa. Perbuatan dosa secara lebih luas dapat diartikan kehidupan yang jauh dari Tuhan atau tidak melakukan segala perintah-Nya. Sebagai contoh : hidup yang mementingkan keinginan daging atau hawa nafsu seperti perzinahan, percabulan, mabuk – mabukan atau penggunan narkoba.
Kedua : Percaya kepada Injil
Dalam konteks ini, percaya kepada injil dapat diartikan memiliki sikap yang positif kepada seluruh pemberitaan injil. Sikap yang dimakusd adalah percaya kepada Yesus yang merupakan intisari dari pemberitaan injil. Percaya kepada Yesus bukan sekedar mempercayai Dia sebagai salah satu tokoh atau sosok yang memiliki kepedulian atau memiliki wibawa. Banyak orang mengenal dan percaya bahwa Yesus adalah sosok yang luar biasa akan tetapi masih sedikit orang yang mau menerima Dia sebagai Tuhan. Percaya yang dimaksud adalah menerima Dia sebagai Tuhan dan Juru Selamat secara pribadi.
Ketiga : Hidup dalam Firman-Nya
"Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga." (Matius 5 : 3).
Miskin di hadapan Allah adalah sebuah keadaan dimana manusia tidak ada apa – apanya atau tidak memiliki nilai di hadapan Allah. Semua kebaikan dan tindakan yang selama ini dikerjakan tidak ada artinya di hadapan Tuhan. Hal ini bukan berarti Tuhan tidak menghargai manusia sebagai mahluk yang paling mulia akan tetapi ’dosa’ yang telah melekat dalam diri manusia itulah yang membuat Tuhan cemburu dan sangat membencinya. Langkah yang diambil adalah bertobat dari kehidupan yang jauh dan tidak berkenan bagi Tuhan. Setelah bertobat dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat secara pribadi langkah selanjutnya adalah hidup dalam Firman-Nya. Secara implisit hidup dalam Firman-Nya adalah mengaplikasikan Firman Tuhan dalam kehidupan keseharian. Langkah praktisnya adalah hidup berdasarkan ajaran Firman Tuhan. Hal ini diwujudkan dengan hidup melayani baik kepada sesama dan yang terpenting adalah melayani Tuhan dengan kasih sebagai dasar utama.

MENGHADIRKAN KERAJAAN ALLAH DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI
Kerajaan Allah bukanlah tempat yang tidak dapat dikenali oleh banyak orang. Kerajaan Allah adalah sebuah tempat nan indah dan dapat dilihat dengan kasat mata. Lebih tepatnya Kerajaan Allah adalah Kerajaan Surga dimana tidak ada lagi perpecahan, permusuhan, iri hati, hawa nafsu dan tindakan yang tidak menyenangkan lainnya. Dengan demikian Kerajaan Allah itu dapat diterapkan / dihadirkan dalam kehidupan nyata. Di rumah, di sekolah, di tempat kerja, di gereja, dan dimanapun Tuhan tempatkan disitulah Kerajaan Allah harus dinyatakan. Ungkapan doa Bapa kami yang Yesus Ajarkan adalah salah satu bukti nyata bahwa Kerajaan Allah harus senantiasa hadir dalam kehidupan keseharian kita. Karena itu berdoalah demikian :Bapa kami di surga, Di kuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu di bumi seperti di surga. (Matius 6 : 9 – 10)
Kehadiran Kerajaan Allah dalam kehidupan sehari – hari ditandai dengan :
Pertama : Adanya Kebenaran
Ketika kebenaran itu ditegakkan dan dinyatakan dalam seluruh aspek kehidupan manusia disitulah ”Kerajaan Allah” hadir. Ukuran dari kebenaran adalah kebenaran Injil yang ada di dalam Alkitab. Dengan perkataan lain, semua aspek kehidupan harus berpadan dan memiliki hubungan sinergis dengan Firman Allah yang terdapat di dalam Alkitab. Artinya Firman Tuhan dijadikan ’master plan’ dan ’ukuran tertinggi’ dari setiap kebenaran yang ada di muka bumi.
Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. (Roma 14 : 17)
Kedua : Adanya Damai Sejahtera
Damai Sejahtera tidak lahir dengan sendirinya. Damai Sejahtera itu lahir setelah adanya sebuah kebenaran. Patut dipertanyakan bila ada orang yang mengklaim sebagai orang yang memiliki damai sejahtera akan tetapi disaat yang bersamaan tidak memiliki kebenaran seperti yang terdapat di dalam Firman Tuhan. Kebenaran di dalam Yesus yang adalah Firman Allah yang hidup mampu melahirkan damai sejahtera. Roh kudus yang dimeteraikan pada diri orang percaya adalah sumber dari damai sejahtera. Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, (Galatia 5 : 22)
Ketiga : Adanya Sukacita
Ada perbedaan yang mendasar antara bergembira dan bersukacita. Orang yang bergembira belum tentu bersukacita akan tetapi orang yang bersukacita pastilah bergembira. Tontonan ‘kocak’ atau ‘komedi’ yang santer ditayangkan oleh media televisi belakangan ini bisa menyulap orang bergembira meski hanya berlangsung sesaat. Dalam waktu bersamaan bisa saja banyak orang yang bergembira sambil melepas tawa karena suguhan tontotan komedi tersebut. Akan tetapi belum tentu membuat orang bersukacita. Sukacita hanya di dapat ketika Roh Kudus itu berada dan bekerja di dalam diri manusia. Sukacita lahir dari hati yang digerakan oleh Roh Kudus. Sukacita merupakan buah dari dan karya Roh Kudus di dalam diri orang percaya. Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, (Galatia 5 : 22)
Lihat saja, banyak para pengikut Kristus (orang kristen) yang hidup dalam berbagai tekanan akan tetapi semangat untuk hidup dan berkarya di dalam Tuhan semakin menyala – nyala. Ini adalah bukti dari kehidupan yang dipenuhi sukacita karena pekerjaan dan karya Roh Kudus dalam diri orang percaya.
Keempat : Dipenuhi Kuasa Allah
Salah satu tanda dari hadirnya Kerajaan Allah dan ini merupakan bagian yang sangat penting adalah ”Dipenuhi Kuasa Allah”. Ketika Kuasa Allah memenuhi suatu tempat katakanlah ’hidup kita’, ini adalah cermin dari Hadirnya Kerajaan Allah dalam kehidupan kita. Kepenuhan Kuasa Allah dapat terlihat dari hal yang paling sederhana yaitu ”Menang dari kuasa kegelapan”. Memiliki kehidupan kerohanian yang baik seperti beribadah, berdoa, membaca Firman Tuhan secara teratur dan dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata sehari – hari adalah bukti dari ”Kemenenangan dari kuasa kegelapan”. Kuasa kegelapan seperti iblis, setan dan familinya tidak lagi menguasai hidup orang percaya karena telah pergi dari kehidupan orang percaya. Hadirnya Kuasa Allah dalam diri orang percaya telah mengusir kuasa kegelapan seperti setan iblis dan familinya dari dalam diri orang percaya sehingga manusia hidup dalam kemenangan dan merdeka dari kuasa kegelapan. Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Roh Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu. (Matius 12 : 28)
Membuka hati, pikiran dan hidup kita adalah langkah pertama memiliki kemenangan dari kuasa kegelapan. Ketika langkah ini dilakukan disitulah Kuasa Allah akan memenuhi hidup kita.

KESIMPULAN
Kesimpulan dari uraian ini adalah : Kerajaan Allah atau yang akrab disebut dengan Kerajaan Surga adalah sebuah pemerintahan dimana Allah sendiri sebagai pemimpin tertinggi yang memiliki kuasa untuk memimpin, mengatur / memerintah, membuat keputusan dan menentukan kebijakan bagi para warga – Nya. Kerajaan Allah dapat dihadirkan dalam kehidupan sehari – hari. Kehadiran Kerajaan Allah ditandai dengan adanya : Kebenaran, damai sejahtera, sukacita (Roma 14 : 17) dan dipenuhi Kuasa Allah (Matius 12 : 28). Amien. --- [WB]

Dari : berbagai sumber.
Sudah diterbitkan dalam Bahasa Sunda di Majalah Langlangmitra.
Dapatkan tulisan lainnya di Majalah Langlangmitra.